Abstract:
Sulistri. 14 105 070 (2018). Judul Skripsi: “Pengembangan Modul Matematika Tipe Mind Mapping Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Program Linear Di MAN 2 Tanah Datar”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang belum memadai yaitu belum memuat materi, ringkasan, dan tugas yang berkaitan dengan materi pelajaran serta belum ada pengintegrasian nilai-nilai keislaman pada materi pembelajaran yaitu materi program linear yang sesuai dengan visi MAN 2 tanah datar yaitu terdepan dalam prestasi, terampil dalam bekerja, terpuji dalam berakhlak, dan berbudaya lingkungan. Jadi salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembangkan modul matematika tipe mind mapping terintegrasi nilai keislaman pada materi program linear. Adapun tujuan penelelitian ini adalah untuk menghasilkan modul matematika tipe mind mapping terintegrasi nilai keislaman kelas XI MAN 2 Tanah Datar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu(1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, RPP, dan sumber belajar serta meriview literatur tentang modul,(2) tahap design, hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design modul matematika tipe mind mapping terintegrasi nilai keislaman pada materi program linear. Hasil dari tahap design yang dirancang dilanjutkan dengan (3) tahap develop, tahap ini adalah lanjutan dari tahap design untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas dari modul matematika tipe mind mapping terintegrasi nilai keislaman pada materi program linear. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika tipe mind mapping terintegrasi nilai keislaman yang dirancang telah valid, praktis dan efektif. Hasil validitas modul yang diperoleh adalah 73,39% dengan ketegori valid. Sementara hasil praktikalitas modul yang diperoleh dari hasil angket respon siswa yaitu 77,44% kategori sangat praktis dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan munggunakan modul adalah 75% kategori praktis. Kemudian hasil efetivitas modul diperoleh dari hasil tes belajar siswa yaitu 86,21% dari seluruh siswa mendapatkan skor lebih besar dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dan hasil angket respon siswa (efektif) yang diperoleh dengan persentase berkisar antara 79,3% - 100%.