Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | NURHAFIZHAH | |
dc.date.accessioned | 2019-05-24T04:38:36Z | |
dc.date.available | 2019-05-24T04:38:36Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2018-12-28 | |
dc.identifier.isbn | 14105054 | |
dc.identifier.isbn | 14105054 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21800399 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | Nurhafizhah, NIM: 14 105 054, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Pembelajaran Mandiri Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Pendidikan Kesetaraan Paket B Setara SMP/MTs Kelas VII di Kecamatan Mandiangin Bukittinggi”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran matematika Pendidikan Kesetaraan Paket B Setara Kelas VII SMP/MTs di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi berupa sumber belajar, bahan ajar yang tersedia tidak dapat dimengerti siswa dengan baik, dan tidak sesuai sengan karakteristik siswa. Karakteristik siswa bisa dilihat dari tingkah laku, gaya belajar, kesulitan belajar yang dihadapi, dan minat belajar siswa kesulitan dalam memahami materi yang ada, terutama pada buku pegangan yang digunakan masih tergolong kaku serta desain modul yang kurang menarik. Akibatnya, siswa kurang berminat dan kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu alokasi waktu untuk kegiatan mandiri pada Pendidikan Kesetaraan Paket B yang diambil 50% dari keseluruhan waktu yang ditetapkan, namun kegiatan tersebut tidak difasilitasi secara maksimal. Maka dari itu berdasarkan karakteristik siswa pada Pendidikan Kesetaraan Paket B sangat dibutuhkan bahan ajar yang bisa menunjang proses pembelajaran khususnya belajar mandiri dengan pendekatan kontekstual. Modul yang dirancang hendaknya berisikan materi yang berawal dari contoh-contoh nyata dalam kehidupan siswa, sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, karakter siswa, analisis buku matematika dan meninjau literatur modul. (2) tahap design, hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design modul menggunakan Microsoft Word. Hasil dari tahap design yang dirancang dilanjutkan dengan (3) tahap develop, tahap ini adalah lanjutan dari tahap design untuk melihat validitas modul, praktikalitas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah validitas menggunakan lembar validasi, praktikalitas menggunakan angket respon siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dirancang telah valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 79,94%. Kemudian modul telah praktis digunakan setelah di uji coba kepraktisannya pada 17 orang siswa kelas VII pendidikan kesetaraan paket B PKBM kasih bundo Kecamatan Mandiangin Kota Bukittinggi dengan hasil praktikalitas 94,77%. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject.ddc | 371.17 | |
dc.subject.ddc | 371.17 | |
dc.title | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MANDIRI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B SETARA SMP/MTS KELAS VII DI KECAMATAN MANDIANGIN KOTA BUKITTINGGI | |
dc.type | Skripsi |