Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MANDIRI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B SETARA SMP/MTS KELAS VII DI KECAMATAN MANDIANGIN KOTA BUKITTINGGI

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NURHAFIZHAH
dc.date.accessioned 2019-05-24T04:38:36Z
dc.date.available 2019-05-24T04:38:36Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-12-28
dc.identifier.isbn 14105054
dc.identifier.isbn 14105054
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800399
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Nurhafizhah, NIM: 14 105 054, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Pembelajaran Mandiri Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Pendidikan Kesetaraan Paket B Setara SMP/MTs Kelas VII di Kecamatan Mandiangin Bukittinggi”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran matematika Pendidikan Kesetaraan Paket B Setara Kelas VII SMP/MTs di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi berupa sumber belajar, bahan ajar yang tersedia tidak dapat dimengerti siswa dengan baik, dan tidak sesuai sengan karakteristik siswa. Karakteristik siswa bisa dilihat dari tingkah laku, gaya belajar, kesulitan belajar yang dihadapi, dan minat belajar siswa kesulitan dalam memahami materi yang ada, terutama pada buku pegangan yang digunakan masih tergolong kaku serta desain modul yang kurang menarik. Akibatnya, siswa kurang berminat dan kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu alokasi waktu untuk kegiatan mandiri pada Pendidikan Kesetaraan Paket B yang diambil 50% dari keseluruhan waktu yang ditetapkan, namun kegiatan tersebut tidak difasilitasi secara maksimal. Maka dari itu berdasarkan karakteristik siswa pada Pendidikan Kesetaraan Paket B sangat dibutuhkan bahan ajar yang bisa menunjang proses pembelajaran khususnya belajar mandiri dengan pendekatan kontekstual. Modul yang dirancang hendaknya berisikan materi yang berawal dari contoh-contoh nyata dalam kehidupan siswa, sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, karakter siswa, analisis buku matematika dan meninjau literatur modul. (2) tahap design, hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design modul menggunakan Microsoft Word. Hasil dari tahap design yang dirancang dilanjutkan dengan (3) tahap develop, tahap ini adalah lanjutan dari tahap design untuk melihat validitas modul, praktikalitas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah validitas menggunakan lembar validasi, praktikalitas menggunakan angket respon siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dirancang telah valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 79,94%. Kemudian modul telah praktis digunakan setelah di uji coba kepraktisannya pada 17 orang siswa kelas VII pendidikan kesetaraan paket B PKBM kasih bundo Kecamatan Mandiangin Kota Bukittinggi dengan hasil praktikalitas 94,77%.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject.ddc 371.17
dc.subject.ddc 371.17
dc.title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MANDIRI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B SETARA SMP/MTS KELAS VII DI KECAMATAN MANDIANGIN KOTA BUKITTINGGI
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku