Abstract:
NADYA PUTRI ANDINI, NIM : 14 105 044, Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batusangkar”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di kelas VIII SMP N 3 Batusangkar, di mana kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran siswa belum dapat menyatakan ulang suatu konsep, mengaplikasikan konsep pembelajaran matematika dan terpaku pada contoh-contoh penyelesaian yang diberikan oleh guru. Selain itu, siswa sulit menyelesaikan soal yang berkaitan dengan mengkomunikasikan soal kedalam bahasa matematika, untuk itu diperlukan kiat-kiat dalam mengatasi hal tersebut. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar yang menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis dengan pembelajaran konvensional dan apakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian randomized control-group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara Random Sampling terpilih kelas VIII. 3 sebagai kelas eksperimen dan VIII. 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil uji hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematis yang dilakukan didapatkan dan , pada taraf nyata pada lampiran XXIII halaman 233 dan untuk uji hipotesis kemampuan komunikasi matematis didapatkan dan , pada taraf nyata pada lampiran XXVII halaman 243. Berdasarkan kriteria , sehingga ditolak dan diterima. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran konvensional.