Abstract:
MUTIA DWI YULIANI, NIM: 14 105 043, Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI TAV SMKN 2 Solok”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di kelas XI SMKN 2 Solok. Penelitian ini berawal dari rendahnya penguasaan siswa terhadap konsep–konsep matematika dan materi matematika sering dipahami dengan keliru oleh siswa dimana kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh guru menyebabkan siswa cenderung pasif dalam proses kegiatan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa tidak terbiasa untuk mengemukakan pendapatnya di depan kelas. Tidak terbiasanya siswa dalam mengemukakan ideide matematisnya mengakibatkan siswa tidak mampu dalam menyatakan ulang sebuah konsep. Siswa juga tidak terbiasa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam memecahkan masalah sehingga mengakibatkan ketika menemukan suatu permasalahan yang baru siswa sedikit kebingungan. Hal ini menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran concept attainment lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV SMKN 2 Solok tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling terpilih kelas XI TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TAV 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa “Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI TAV SMKN 2 Solok yang menggunakan model pembelajaran concept attainment lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis dengan pembelajaran konvensional”.