Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH PENERAPAN LASSWELL COMUNICATION MODEL TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 RAMBATAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author MUTIA ANGGRAINI
dc.date.accessioned 2019-05-24T04:38:53Z
dc.date.available 2019-05-24T04:38:53Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-12-28
dc.identifier.isbn 14105042
dc.identifier.isbn 14105042
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800394
dc.identifier.uri
dc.description.abstract MUTIA ANGGRAINI, NIM: 14 105 042, judul skripsi ” Pengaruh Penerapan Lasswell Comunication Model Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Smpn 3 Rambatan”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya aktivitas belajar yang hanya terbiasa dengan pembelajaran konvensional serta kurangnya pemahaman konsep yang telah diberikan tes setelah mempelajari materi tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; 1) Bagaimana aktivitas siswa kelas VIII SMPN 3 Rambatan dalam pembelajaran matematika yang menerapkan lasswell comunication model?. 2) Apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan lasswell comunication model lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 3 Rambatan?. Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan lasswell comunication model lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 3 Rambatan tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel diambil secara acak setelah diketahui data dari populasi berdistribusi normal, memiliki variansi yang homogen serta memiliki kesamaan rata-rata yang sama. Berdasarkan pengambilan secara acak didapatkan siswa kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi selama proses pembelajaran dengan pembelajaran lasswell comunication model. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Sedangkan data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari hasil tes kedua kelas sampel setelah penerapan pembelajaran lasswell comunication model di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa tergolong kepada aktivitas banyak yang membuat siswa berhasil dalam pembelajaran. Sedangkan rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen adalah 73 sedangkan pada kelas kontrol adalah 63. Dari uji hipotesis diperoleh dengan diperoleh sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran lasswell comunication model lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PENGARUH PENERAPAN LASSWELL COMUNICATION MODEL TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 RAMBATAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku