Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 3 SITIUNG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ELGA SAPUTRA
dc.date.accessioned 2019-05-24T04:39:07Z
dc.date.available 2019-05-24T04:39:07Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-12-28
dc.identifier.isbn 14105013
dc.identifier.isbn 14105013
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800390
dc.identifier.uri
dc.description.abstract ELGA SAPUTRA, NIM : 14 105 013, Judul Skripsi “Pengaruh Model Teams Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sitiung”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Terlihat dari kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajran, siswa tidak biasa mengembangkan ide yang mereka miliki selain yang dijelaskan oleh guru dan siswa kurang mampu dalam mengkomunikasikan idenya ke dalam bentuk matematika karena sulitnya siswa membayangkan masalah yang diberikan. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 3 Sitiung Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas. Dalam penelitian ini untuk pengambilan sampelnya dilakukan teknik probability sampling tepatnya dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran konvensional.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PENGARUH MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 3 SITIUNG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku