Abstract:
ELFI RADIANA. 13 105 028. “PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 3 PADANG PANJANG”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara aktif dan belum memuat kegiatan yang membuat siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Dalam proses pembelajaran guru dan siswa sudah menggunakan bahan ajar berupa buku paket, namun siswa jarang membawa buku paket tersebut ke sekolah akibatnya pada saat pembelajaran siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan dari guru. Disamping itu siswa juga membutuhkan lebih banyak latihan soal yang bervariasi, sehingga konsep yang telah ditemukan dapat diaplikasikan. Berdasarkan penjelasan tersebut tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing dengan bantuan software geogebra untuk siswa kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Penelitian ini hanya mengembangkan 3-D, karena keterbatasan waktu dan biaya, yaitu: tahap pendefinisian (define) yaitu wawancara dengan guru, menganalisis silabus, menganalisis karakteristik siswa, menganalisis sumber belajar dan menganalisis literatur LKS, pada tahap perancangan (design) yang dilakukan yaitu merancang LKS, RPP, angket respon siswa, dan tes, dan pada tahap pengembangan (development) terdiri dari 3 tahap yaitu tahap validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII E SMPN 3 Padang Panjang. Instrumen penelitian terdiri dari: lembar validasi LKS, RPP, angket respon siswa, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektivitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian dihasilkan (1) LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software geogebra sangat valid dari segi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. (2) LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software geogebra sangat praktis. (3) LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software geogebra efektif dari segi ketuntasan klasikal dan angket respon positif siswa.