Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION ( GI ) DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUNGAI TARAB

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author DOLLA AGNESIA
dc.date.accessioned 2019-05-24T04:40:52Z
dc.date.available 2019-05-24T04:40:52Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-12-27
dc.identifier.isbn 13105025
dc.identifier.isbn 13105025
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800387
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Dolla Agnesia, NIM. 13 105 025, Judul Skripsi “Penerapan Strategi Kooperatif Learning Tipe Group Investigation dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungai Tarab”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di kelas VIII SMPN 2 Sungai Tarab, dimana kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran dimana siswa jarang mengemungkakan ide atau gagasan tentang konsep yang disampaikan oleh guru dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Selain itu, siswa sulit untuk mengkomunikasikan dan menjelaskan ide, situasi, dalam bentuk model matematika yang berbentuk gambar, simbol, persamaan dalam menyelesaika permasalahan matematika, untuk itu diperlukan kiat-kiat dalam mengatasi hal tersebut. Salah satu solusi yang peneliti sarankan adalah pembelajaran dengan Strategi Kooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI) dengan Metode Brainstorming. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menerapkan Strategi Kooperatif Learning Tipe GI dengan Metode Brainstorming dan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan Strategi Kooperatief Learning Tipe GI dengan Metode Brainstorming lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Sungai Tarab. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian adalah total sampling dengan sampel yaitu siswa kelas VIII.A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen. Data untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen diperoleh dari data pretest sebelum diberi perlakuan dan data posttest setelah penerapan strategi dikelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol diuji menggunakan N-Gain. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dari data posttest. Hipotesis diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori tinggi dengan rata-rata N-gain = 0,707 (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan Strategi Kooperatif Learning Tipe GI dengan Metode Brainstorming lebih baik dari pada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject.ddc 371.17
dc.subject.ddc 371.17
dc.title PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION ( GI ) DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUNGAI TARAB
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku