Abstract:
DIKA DWI FINADIA, NIM 13 105 020, Judul Skripsi “Pengaruh PenerapanStrategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW)untuk MeningkatkanKemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI SMA N 1 Rambatan”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018.
Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas XI.IPS SMA N 1 Rambatan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa kelas XI IPS SMA N 1 Rambatan mengakibatkan persentase ketuntasan hasil ulangan harian 2 siswa XI IPS SMA N 1 Rambatan tergolong rendah.Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya belum semua siswa mampu menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi ke representasi lainnya dan menuliskan langkah-langkah serta menjelaskan kembali dengan katakata sendiri.Salah satu solusi yang peneliti sarankan adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW untuk meningkatkan kemampauan representasi matematis siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaaan kemampuan representasi matematis siswa yang menerapakan strategi TTW dengan kemampuan representasi matematis dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian iniadalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI.IPS SMA N 1 Rambatan Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Random Sampling setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitasterpilih siswa kelas XI.IPS.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPS.1 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan representasi matematika siswa diperoleh dari tes akhir kedua kelas sampel setelah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: kemampuan representasi matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.