Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MACTH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGAYANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author AZIMA NOVITA SARI
dc.date.accessioned 2019-05-24T04:41:24Z
dc.date.available 2019-05-24T04:41:24Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-12-27
dc.identifier.isbn 13105012
dc.identifier.isbn 13105012
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800381
dc.identifier.uri
dc.description.abstract AZIMA NOVITA SARI, NIM : 13 105 012, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Macth dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungayang”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangakar. Penelitian ini beranjak dari permasalahan di kelas VIII SMPN 3 Sungayang, dimana nilai ulangan tengah semester siswa rendah, dan hasil observasi peneliti menunjukkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Permasalahan yang dibahas yakni peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe make a macth pada materi bangun ruang sisi datar materi pokok Kubus dan Balok kelas VIII semester 2 di SMP N 3 Sungayang. Dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. oleh karena itu diperlukan kiat-kiat dalam mengatasi hal tersebut. Salah satu solusi nya adalah dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Macth dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimental Design. Penelitian Pra Eksperimen adalah suatu penelitian yang mengikuti langkah-langkah dasar Eksperimental tetapi tidak ada perbandingan dengan kelompok non perlakuan. Metode yang digunakan hanya menggunakan satu kelas saja untuk dijadikan sampel penelitian dengan membandingkan nilai pretes dan postes siswa. Jadi penelitian hanya menggunakan satu kelas saja untuk dijadikan sampel penelitian dengan membandingkan nilai tes awal (pretes) dan tes akhir (postes) siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Sungayang tahun ajaran 2017/2018. Setelah populasi berdistribusi normal, mempunyai variansi yang homogen sserta memiliki kesamaan rata-rata maka diambil sampel satu kelas secara acak (random) terpilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh N-Gain kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen adalah 0,64 kategori Sedang. Jadi, dapat diambil kesimpulan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penggunaan model cooperative learning tipe make a macth dapat meningkatkan kemapuan komunikasi matematis materi bangun ruang sisi datar dengan Pokok Materi Kubus dan Balok pada peserta didik kelas VIII2 SMP N 3 Sungayang.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MACTH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGAYANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku