Abstract:
ANA MUKTIA, NIM : 13 105 006, Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities (MEA) Terhadap Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman, dimana aktivitas siswa dalam pembelajaran belum maksimal dan juga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Hal ini terlihat karena pendekatan belajar yang kurang menarik dan membosankan bagi siswa dan kurang mengaitkan dengan pengetahuan awal siswa serta terlalu berpusat pada guru dan kurang mengembangkan ide dan kreativitas siswa. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Model Eliciting Activities (MEA) dalam pembelajaran matematika, dimana pada Model Eliciting Activities (MEA) adanya aktivitas siswa lebih berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dengan sering mengekspresikan idenya, serta siswa dapat terbiasa untuk memecahkan/menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan Model Eliciting Activities (MEA) pada kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman dan 2)untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan Model Eliciting Activities (MEA) lebih baik dari siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dengan menggunakan persentase dan tes Kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan uji-t, sebelum melakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen seluruh pertemuan dengan kriteria persentase banyak, untuk visual and listening activities yaitu 61,33%, oral activities yaitu 58,59%, mental activities yaitu 57,03%, dan emotional activities yaitu 62,5%. Selanjutnya rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen adalah , sedangkan pada kelas kontrol adalah . Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan di dapatkan dan , pada taraf nyata . Berdasarkan pengujian hipotesis yaitu 3,125 > 1,645, sehingga ditolak dan diterima, dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan Model Eliciting Activities (MEA) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional.