Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar Bahasa Inggris anak di TK Kurnia Ilahi Nan II Suku Salimpaung. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris anak adalah melalui bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris anak melalui bernyanyi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Kurnia Ilahi Nan II Suku Salimpaung kelompok B2 sebanyak 11 orang, yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2016 dalam tiga siklus dan dilaksanakan tiga kali pertemuan untuk setiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase.
Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian di setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi belajar Bahasa Inggris dari siklus I yang pada umumnya terlihat masih rendah, BSB nilai rata-ratanya 20,25. Pada siklus II mulai terjadi peningkatan BSB dengan nilai rata-ratanya 39,38. Pada siklus III menunjukkan BSB dengan nilai rata-ratanya 77,63. Peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris anak melalui metode bernyanyi terlihat dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan.