Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penguasaan kosakata anak dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya media yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media flash card dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak usia dini pada kelompok B3 di TK Mutiara Bangsa Sumanik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu kegiatan penelitian yang berupaya meningkatkan kualiatas proses dan hasil belajar melalui suatu tindakan berbentuk siklus berdasarkan pencermatan guru yang mendalam terhadap permasalahan yang terjadi dan berkeyakinan akan mendapatkan solusi terbaik bagi siswa di lingkungan kelasnya sendiri. Subjek penelitian adalah anak kelompok B3 di TK Mutiara Bangsa Sumanik pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 13 orang dengan jumlah anak laki-laki 4 orang dan anak perempuan 9 orang. Data tentang peningkatan kosakata anak dalam pembelajaran bahasa Inggris diperoleh dari lembaran observasi indikator peningkatan kosakata anak yang terdidri dari enam indikator, dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, pelaksanaan kegiatan siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, siklus II dua kali pertemuan dan siklus III dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui media flash card pada siklus I rata-rata BSH 14,7% dan BSB 0%, dibandingkan dengan kondisi awal BSH 8,99% dan BSB 0%. Pada siklus II rata-rata BSH 21,80% dan BSB 8,34%. Sedangkan pada siklus III BSH 31,4%, BSB 43,57%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media flash card dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak pada kelompok B3 di TK Mutiara Bangsa Sumanik.