Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berhitung anak dalam kegiatan pembelajaran yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena kegiatan berhitung anak dalam menyebutkan urutan bilangan 1–10, mengenal konsep bilangan dengan benda-benda 1-10, memasangkan/menghubungkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10, belum menggunakan kegiatan dan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu kegiatan penelitian yang berupaya meningkatkan kualiatas proses dan hasil belajar melalui suatu tindakan berbentuk siklus berdasarkan pencermatan guru yang mendalam terhadap permasalahan yang terjadi dan berkeyakinan akan mendapatkan solusi terbaik bagi siswa di lingkungan kelasnya sendiri. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di RA Aisyiyah Talawi tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 14 orang pada semester I. Data tentang kemampuan berhitung anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembaran observasi, dan dokumentasi yang dianalisis melalui tindakan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti ditemukan peningkatan kemampuan berhitung anak pada siklus I mencapai 40,5% dari kondisi awal 20% dan pada siklus II meningkat menjadi 54,59%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok A RA Aisyiyah Talawi.