Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah masalah motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bernyanyi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum, Nagari Lima Kaum, Kab Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen yaitu one group pretest posttest design. Eksperimen dimaksud untuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui metode bernyanyi. Nyanyian yang digunakan yakni sesuai dengan tema yang diajarkan pada hari itu, adapun nyanyian yang di sampaikan yaitu kelinci putih dan nama-nama pekerjaan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak lokal B1 TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum yang berjumlah 19 orang. Sampel penelitian berjumlah 14 orang anak yang motivasi belajarnya masih kurang berkembang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Hal ini dapat dilihat dari grafik hasil penelitian untuk masing-masing sampel yang menunjukkan adanya peningkatan skor motivasi belajar anak. Saran bagi guru taman Kanak-Kanak agar penggunaan metode bernyanyi dapat didayagunakan secara optimal dan bagi peneliti lanjutan diharapakan mampu mengembangkan metode-metode pembelajaran lain yang dapat meningkatkan motivasi belajar anak.