Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang apakah terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan bahasa anak di TK Nusa Indah Batu Basa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan keberhasilan metode bercerita sebagai salah satu metode pembelajaran anak usia dini yang diharapkan berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk rancangan one group pretest-posttes yaitu dengan memberikan perlakukan terhadap satu kelompok ( tidak ada kelompok kontrol) dengan melihat perbedaan antara pretest dan posttest sebagai hasil perlakuan. Maksud penulis menggunakan metode bercerita kepada satu kelompok saja yaitu kelompok eksperimen, tidak ada kelompok kontrol sebagai pembandingnya. Namun yang diberikan pembanding dalam penelitian ini adalah hasil pretest ( sebelum diberi perlakuan) dan posttest ( setelah diberikan metode bercerita menggunakan media boneka).
Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan bahasa pada anak meningkat setelah dilakukan metode bercerita. Hal ini dilihat dari tabel hasil penelitian masing-masing subjek penelitian bahwa dalam proses penerapan metode bercerita terlihat adanya peningkatan kemampuan bahasa pada anak sebesar 24,67. Berdasarkan analisis perhitungan statistik melalui taraf signifikan 5% terlihat dari t0 lebih besar dari tt maka hipotesis alternatif (ha) diterima. Artinya, metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan bahasa anak kelas B1 di TK Nusa Indah Batu Basa.