Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah efektifitas metode bernyanyi terhadap pembelajaran Bahasa Inggris anak usia dini, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode bernyanyi dalam pembelajaran Bahasa Inggris anak usia dini pada sebelum dan sesudah dilaksanakan treatment(perlakuan).
Jenis penelitian ini adalah field research menggunakan metode eksperimen, yaitu penelitian yang mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel yang lainnya. populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik TK Al-Hidayah Salimpaung dengan umur 5-6 tahun yang berjumlah 20 orang yang harus ditindak, dengan sampel 10 anak sebagai group eksperimen dan 10 anak sebagai group kontrol. Peneltian ini menggunakan validas instrumen bertujuan untuk menvalidasi instrumen, peneliti melakukan analisis “content validity” atau validitas isi dengan cara membandingkan item tes dengan silabus, dengan ini item tes dinyatakan valid.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa metode bernyanyi efektif terdahap pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan skor hasil posttest yang meningkat jika dibandingkan dengan skor pretest, dimana hasil posttest dibuktikan dengan melakukan uji t pada data yang telah di proses sehingga uji t dari posttest sebanyak 3,58 dengan df 2,10 sehingga hasil uji t lebih besar dari df dengan taraf signifikan 5%, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima.