Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri anak di TK Mutiara Bangsa Sumanik, Kab. Tanah Datar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan strategi pembelajaran yang kurang menarik bagi anak. Penelitian ini untuk membantu anak dalam menigkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui strategi bermain dengan fun games. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi bermain dengan fun games efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre- eksperimen dengan bentuk rancangan one group pretest-postes Subjek peneltian murid yang ada di TK Mutiara Bangsa Sumanik yang berjumlah 13 orang anak pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembaran observasi. Teknik analisis data dengan mengguanakan uji statistik. Berdasarkan hasil deskriptif dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri meningkat melalui strategi bermain dengan fun games.
Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pretest ( sebelum diberi perlakuan) dan posttest ( setelah diberikan kegiatan fun games) Hal ini berarti strategi bermain dengan fun gamedapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di TK Mutiara Bangsa Sumanik.