Publikasi IAIN Batusangkar

PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA BANGSA SUMANIK PADA KELOMPOK B1

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author GUSRI SILVANI ARIYAN
dc.date.accessioned 2019-05-30T03:49:58Z
dc.date.available 2019-05-30T03:49:58Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2016-11-10
dc.identifier.isbn 12132014
dc.identifier.isbn 12132014
dc.identifier.issn 12132014
dc.identifier.other 02.21600239
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/11855
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam mengembangkan kemandirian anak dalam hal kemandirian fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, saling berbagi dan mengendalikan emosi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian anak TK Mutiara Bangsa Sumanik kelompok B1 dengan jumlah 11 orang anak yang berusia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan peran Peran guru dalam mengembangkan kemandirian fisik anak dengan cara menerapkan pembiasaan dan keteladanan, peran guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak dengan memberikan motivasi, memberikan reward (pujian), ransangan dan pembelajaran yang menarik untuk anak, peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak dalam hal bertanggung jawab dengan cara memberikan peraturan-peraturan yang sesuai untuk anak seperti peraturan sebelum bermain, peran guru dalam mengembangkan rasa disiplin kepada anak dengan cara memberikan tata tertib dan peraturan sekolah kepada anak, peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak dalam hal pandai bergaul dengan cara memberikan nasehat kepada anak disetiap materi pagi seperti melalui nyanyian atau cerita pendek, peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak dalam hal saling berbagi adalah dengan cara mengenalkan rasa simpati dan empati kepada anak. Hal ini juga dapat menggunakan metode bercerita, mengenai kemandirian anak dalam hal mengendalikan emosi guru berperan sebagai pembimbing sekaligus penasehat dan memberikan motivasi kepada anak dimana guru selalu menasehati anak ketika ada anak yang menagis disaat anak tidak memperoleh apa yang diinginkannya.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan Anak
dc.subject.ddc 372
dc.subject.ddc 372
dc.title PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA BANGSA SUMANIK PADA KELOMPOK B1
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku