Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah masih rendahnya moralitas anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Kader Bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan moralitas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kader Bangsa, Nagari Bukit Kandung, Kec X Koto Diatas.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan model pre-eksperimen dengan disainone group pretest posttest. Eksperimen dimaksud untuk meningkatkan moralitas anak melalui metode bercerita. Cerita yang digunakan yakninya cerita yang mengandung pesan moral di dalamnya, adapun judul-judul cerita yang di sampaikan yaitunya kiki yang baik, ayo menjadi anak sopan, mari mensyukuri nikmat dan saya menjadi anak hebat. Adapun yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak-anak Taman Kanak-Kanak Kader Bangsa Nagari Bukit Kandung, Kec. X Koto Diatas yang berjumlah 20 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 10 orang anak yang moralitas mereka masih kurang berkembang.
Hasil penelitian yang dilakukan di TK Kader bangsa Nagari Bukit Kandung, Kec. X Koto Diatas menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan moralitas anak. Hal ini dapat dilihat dari grafik hasil penelitian untuk masing-masing sampel yang menunjukkan adanya peningkatan skor moralitas anak.