Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan berhitung anak di TK Harapan Bunda Koto Tuo Kec.Salimpaung. Hal ini diduga karena media yang digunakan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan berhitung anak menggunakan permainan ular tangga.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian murid yang ada di TK Harapan Bunda Koto Tuo Kec. Salimpaung yang berjumlah 11 anak pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Temuan penelitian adalah : meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan permainan ular tangga yang meliputi lima indikator yaitu, pada indikator 1 pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ke enam mengalami peningkatan dari 47,22% sampai 97,22% pada pertemuan ke enam, Pada indikator 2 pada pertemuan sampai dengan pertemuan ke enam mengalami peningkatan dari persentase 38,88% menjadi 94,44% pada pertemuan ke enam. Pada Indikator 3 pada pertemuan pertama dengan persentase 36,11% sampai dengan persentase 100% pada pertemuan keenam. Pada indikator 4 pada pertemuan pertama dengan persentase dengan persentase 27,77% sampai dengan persentase 77,77%. Pada indikator 5 pada pertemuan pertama 27,77% sampai dengan persentase 77,77% sampai dengan pertemuan keenam.
Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan kepada guru menerapkan kegiatan media permainan ular tangga sebagai alternatif peningkatan kemampuan berhitung anak, bagi orang tua hendaknya memberi kesempatan pada anak untuk meningkatkan berhitung anak dengan kegiatan media permainan ular tangga, dan bagi peneliti selanjutnya agar meneliti lebih lanjut tentang bagaimana meningkatkan berhitung pada anak.