Abstract:
TARI RIZDA UTAMI, NIM. 14 107 043, Judul Skripsi“Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di kelas XI.IPA SMA N 1 Lareh Sago Halaban”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah pembelajaran fisika masih berpusat pada guru (teacher centered) serta penilaian lebih menekankan pada hasil ujian saja. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari keterampilan proses sains siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian yaitu Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA SMA N 1 Lareh Sago Halaban yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI.IPA.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan laporan proyek. Pengolahan data dilakukan dengan cara uji statistik. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa, hasil kemampuan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen diperoleh dengan nilai 78,6 sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai 63,5. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dari perhitungan diperoleh thitung = 34,29 dan ttabel = 1,670, karena thitung > ttabel hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan keterampilan proses sains siswa pada penerapan model pembelajaran Project based learning lebih baik daripada keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.