Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsS PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SITIUNG 1 KABUPATEN DHARMASRAY

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RONOILI
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:01:05Z
dc.date.available 2019-07-19T04:01:05Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-28
dc.identifier.isbn 14107033
dc.identifier.isbn 14107033
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800222
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12050
dc.description.abstract RONOILI, NIM. 14 107 033, Judul Skripsi “Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsS Pondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Fisika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya nilai siswa pada pelajaran IPA (fisika). Hal ini disebabkan berbagai faktor diantaranya: siswa kurang tertarik mengikuti proses belajar mengajar, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran hanya didominasi oleh guru tanpa melibatkan siswa, daya ingat siswa rendah dalam pembelajaran IPA (fisika). Penelitian tentang metode gallery walk ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan di atas dan melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA(fisika) siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya ini dilaporkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan randomized subjects posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, karena populasi hanya terdiri dari 2 kelas dengan total 50 orang siswa. Sampel yang terpilih sebagai eksperimen adalah kelas VIII.2 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII.1. Pengumpulan data dalam penelitian ini pada aspek kognitif menggunakan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda, Aspek afektif menggunakan lembar observasi, lembar penilaian diri, dan lembar penilaian antar teman, sedangkan untuk aspek psikomotor menggunakan lembar observasi diskusi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa, hasil tes akhir hasil belajar Fisika (IPA) yang dilakukan pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Rata-rata nilai akhir siswa untuk ranah kognitif pada kelas eksperimen yaitu 67.08 dengan persentase ketuntasan 58 % sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya yaitu 55.38 dengan persentase ketuntasan 38.5%. Untuk ranah afektif, nilai rataratanya 82.87 untuk kelas eksperimen dan 73.96 untuk kelas kontrol. Sedangkan untuk ranah psikomotor nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 75.41 dan untuk kelas kontrol 66.34. Hasil perhitungan dengan uji-t, didapatkan thitung = 2.063 untuk ranah kongnitif, thitung = 3.21 untuk ranah afektif, dan thitung = 2.16 untuk ranah psikomotor dengan nilai ttabel= 1.677 (pada taraf nyata 0,05). Dapat dilihat bahwa untuk semua ranah baik kognitif, afektif, psikomotor didapat thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan taraf kepastian 95 %. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan penerapan metode gallery walk hasil belajar fisika (IPA) siswa kelas VIII MTsS Pondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Belajar
dc.subject.ddc 371
dc.subject.ddc 371
dc.title PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsS PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SITIUNG 1 KABUPATEN DHARMASRAY
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku