Abstract:
Setiap orang tidak akan terlepas dari masalah, baik itu permasalahan ringan ataupun permasalahan berat. Berbicara tentang masalah, tidak semua orang dapat mengatasinya sendiri, sehingga memerlukan bantuan penanganan masalah dari orang-orang terdekat ataupun lembaga konsultasi, konselor, psikolog, dan ahli lainnya. Lembaga konsultasi penyedia layanan konseling dewasa ini semakin diminati oleh masyarakat untuk mendapatkan solusi masalah yang mereka hadapi. Pelayanan ini menjadi alternatif yang dipercaya dapat membantu mencari jalan keluar masalah. Akan tetapi lembaga penyedia konseling ini sangatlah terbatas. Di tengah eksistensi pelayanan ini, tentunya akan menjadi kendala jika lembaga penyedia layanan terbatas dan sulit di jangkau. Untuk itu diperlukan suatu cara yang dapat mengatasi keterbatasan ini. Maka diciptakanlah sebuah produk konseling yang memanfaatkan media online yang menjadi salah satu cara untuk meminimalisir terbatasnya lembaga pelayanan konseling bagi masyarakat yang membutuhkan. Produk ini dinamai konseling online IAIN Batusangkar dengan alamat website www.onlinekonseling.com. Untuk mengetahui keefektifan media konseling online ini sebagai tawaran alternatif bagi masyarakat untuk mengikuti konseling, maka dilakukanlah penelitian yang berfokus kepada pelaksanaan konseling secara online pada website konseling online IAIN Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah deskriiptif kualitatif, dan menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, serta angket untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, dari Desember 2017 sampai Juli 2018 konseling online IAIN Batusagkar telah menarik pengunjung hingga 9702 pengunjung, 365 orang terdaftar sebagai pengguna website, dan 132 diantaranya ingin mengikuti konseling. Website ini dilengkapi dengan fasilitas chat yag terhubung langsung dengan aplikasi chat Jivo, dan whatsApp yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang memerlukan bantuannya. Website ini menjadi alternatif konseling yang praktis dan mudah didapatkan.