Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa XI AP di SMKN 1 Solok dan peneliti melihat apakah ada pengaruh pendekatan client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pelaksanaan konseling client centered terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan tipe single subject experiment. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, dengan cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan konseling pendekatan client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa menunjukan trend peningkatan kepercayaan diri siswa yang mulanya kepercayaan diri siswa rendah setelah diberikan konseling pendekatan client centered sebanyak enam kali maka kepercayaan diri siswa menjadi baik. Artinya kepercayaan diri siswa meningkat dengan di berikan layanan konseling client centered. Peneliti merekomendasikan kepada guru BK agar dapat menerapkan konseling client centered untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.