Publikasi IAIN Batusangkar

EFEKTIFITAS BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENURUNKAN PRILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII. B DI SMPN 1 HILIRAN GUMANTI

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author AUWALUL AMRI
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:03:36Z
dc.date.available 2019-07-19T04:03:36Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-27
dc.identifier.isbn 13108022
dc.identifier.isbn 13108022
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800179
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12087
dc.description.abstract AUWALUL AMRI. NIM 13 108 022 judul SKRIPSI “Efektifitas Bimbingan Klasikal Dalam Menurunkan Prilaku Agreisif Siswa Kelas VIII.B di SMP N 1 Hiliran Gumanti”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan klasikal dalam menurunkan prilaku agresif siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal dalam menurunkan prilaku agresif siswa di SMPN 1 Hiliran Gumanti. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis data paired sample t test dengan menggunakan rumus uji t. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExsperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design, yaitu dengan melihat prilaku agresif kelompok eksperimen menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan postest. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.B di SMPN 1 Hiliran Gumanti yang memiliki prilaku agresif mencolok. Sampel pada penelitian ini sebanyak 23 orang, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, yakni banyaknya pelaku prilaku agresif. Berdasarkan perhitungan statistik terlihatlah hasilnya bahwa setelah diberikan treatment skor siswa meningkat pada hasil posttest dibandingkan dengan hasil pretest. Oleh karena itu dapat dipahami bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa layanan bimbingan klasikal berpengaruh signifikan terhadap penurunan prilaku agresif siswa diterima. Artinya, layanan bimbingan klasikal berpengaruh signifikan terhadap terhadap penurunan prilaku agresif siswa pada taraf signifikansi 5%.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan Islam
dc.subject.ddc 2x7,31
dc.subject.ddc 2x7,31
dc.title EFEKTIFITAS BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENURUNKAN PRILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII. B DI SMPN 1 HILIRAN GUMANTI
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi KEPENDIDIKAN ISLAM/BIMBINGAN KONSELING Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku