Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa kelas X di MAN 4 Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan keberhasilan bimbingan kelompok dengan pendekatan Cognitif Behavior Therapy yang dilakukan terhadap siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah yang diharapkan efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri tersebut. Jenis penelitian ini Eksperimen dengan menggunakan kelompok preeksperimental dengan rancangan One Grup Pretest Posttest desain, dengan sampel sebanyak 24 orangyang diperoleh melalui teknik sampel random sampling.Peneliti menggunakan Skala Likert untuk melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Cognitif Behavior Therapy terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa.Analisis data yang digunakan adalah uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan cognitif behavior therapy berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil postest mengalami peningkatan setelah diberikan treatment melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan Cognitif Behavior Therapy tersebut.Artinya t0> tt sehingga Ha menyatakan bimbingan kelompok dengan pendekatan Cognitif Behavior Therapy efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa secara signifikan diterima.Jadi hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bimbingan kelompok dengan pendekatan Cognitif Behavior Therapy berpengaruh signifikan bagi peningkatan kepercayaan diri siswa.Selanjutnya merekomendasikan guru BK melakukan bimbingan kelompok dengan pendekatan Cognitif Behavior Therapyuntuk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.