Abstract:
ADRIAN MISSY, NIM BK 13 108 003, Judul SKRIPSI “Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Persepsi Siswa Tentang Bimbingan dan Konseling di SMP N 3 Sawahlunto” Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Masalah pokok dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki persepsi kurang baik terhadap bimbingan dan konseling di sekolah. Pentingnya memiliki persepsi yang positif terhadap bimbingan dan konseling berkaitan erat dengan lancarnya kegiatan bimbingan dan konseling serta hubungan siswa dengan guru BK di sekolah. Siswa yang memiliki persepsi yang negatif berdampak pada hubungan yang kurang antara siswa dengan guru BK dan BK di sekolah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh bimbingan klasikal terhadap persepsi siswa tentang bimbingan dan konseling di SMP N 3 Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen dengan tipe One Group Pretest-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Sawahlunto. Sampeldari penelitian iniadalahsiswa kelas VII2, VIII1 dan IX2 SMP N 3 Sawahlunto. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis penelitian ini adalah “Bimbingan klasikal berpengaruh signifikan terhadap persepsi siswa tentang bimbingan dan konseling”.
Hasil penelitian menyatakan bahwa bimbingan klasikal berpengaruh signifikan terhadap perubahan persepsi siswa tentang bimbingan dan konseling yang kurang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik bahwa thitung>ttabel pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal berpengaruh terhadap persepsi siswa tentang bimbingan dan konseling di SMP N 3 Sawahlunto.