Publikasi IAIN Batusangkar

KORELASI ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TANAH DATAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RARA NOVITRI
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:38:39Z
dc.date.available 2019-10-16T08:38:39Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.isbn 14108096
dc.identifier.isbn 14108096
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900121
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12524
dc.description.abstract Rara Novitri, NIM. 14108096, dengan judul skripsi: “KORELASI ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN 1 TANAH DATAR”, jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah korelasi antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 1 Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat korelasi yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 1 Tanah Datar. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Korelasi Antara Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tanah Datar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah terdapat korelasi yang signifikan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tanah Datar. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Tanah Datar yang berjumlah 134 orang, dan untuk sampel penulis menggunakan 60 siswa untuk dijadikan sampel. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan skala Likert. Alternatif jawaban dalam angket ini adalah “selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan tidak pernah”. Berdasarkan hasil penelitian di MTsN 1 Tanah Datar, maka dapat disimpulkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan anatara interaksi teman sebaya siswa dan motivasi belajar siswa. Hal ini berarti bahwa semakin baik interaksi teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang baik interaksi teman sebaya maka semakin rendah motivasi belajar siswa.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Siswa
dc.subject.ddc 371.8
dc.subject.ddc 371.8
dc.title KORELASI ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TANAH DATAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku