Publikasi IAIN Batusangkar

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS XI DI SMAN 1 LINTAU BUO UTARA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NELA SILVIA JELITA PUTRI
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:38:41Z
dc.date.available 2019-10-16T08:38:41Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.isbn 14108070
dc.identifier.isbn 14108070
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900120
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12525
dc.description.abstract NELA SILVIA JELITA PUTRI. NIM. 14 108 070 judul SKRIPSI “Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas X1 di SMAN 1 Lintau Buo Utara”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas XI di SMAN 1 Lintau Buo Utara yang memiliki self regulated learning rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan Konseling Realitas dalam meningkatkanself regulated learning siswa yang rendah di SMAN 1 Lintau Buo Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-Eksperemental tipe One Group Pretest-posttes Design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Likert yang mengacu pada kisi-kisi yang telah dibuat. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 siswa yang memiliki self regulated learning rendah dan sedang. Untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan analisis statistik dengan uji t. Hasil penelitianyaitu: nilai t hitung sebesar 13,5 dan nilai t tabel pada taraf signifikan 5 % dengan N= 12 sebesar 2,201. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (13,5 > 2,201) sehingga dapat dikatakan “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (H0) ditolak.Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Konseling Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas efektif dalam meningkatkan self regulated learning siswa di SMAN 1 Lintau Buo Utara.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS XI DI SMAN 1 LINTAU BUO UTARA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku