Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH KONSELING REALITAS SETTING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA ASRAMA PUTRA“MAKMM” KAUMAN PADANG PANJANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author PRAYOGI MULIA ARIANDA
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:38:50Z
dc.date.available 2019-10-16T08:38:50Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.isbn 13108104
dc.identifier.isbn 13108104
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900112
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12532
dc.description.abstract PRAYOGI MULIA ARIANDA, NIM 13 108 104, judul skripsi “PENGARUH KONSELING REALITAS SETTING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA ASRAMA PUTRA “MAKMM” KAUMAN PADANG PANJANG”, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun 2019. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya tanggung jawab siswa asrama putra ”MAKMM” Kauman Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling realitas setting kelompok dapat meningkatkan tanggung jawab siswa asrama putra”MAKMM” Kauman Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (konseling realitas) terhadap variabel Y (tanggung jawab siswa). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah pengaruh konseling realitas tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan tanggung jawab siswa dan Hipotesis (Ha) konseling realitas berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan tanggung jawab siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa asrama putra “MAKMM” Kauman Padang Panjang sebanyak 30 orang dengan sampel penelitian sebanyak 12 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala dan pengamatan. Treatment diberikan dengan melaksanakan konseling realitas. Topik permasalahan yang akan dientaskan yaitu menumbuhkan kesadaran diri, menumbuhkan sikap disiplin di asrama, saling menghargai antar sesama dan mengenal diri sendiri. Hasil penelitian menunjukkan konseling realitas berpengaruh terhadap peningkatan tanggung jawab siswa setelah diberikan konseling kelompok setting realitas. Oleh karena itu hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title PENGARUH KONSELING REALITAS SETTING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA ASRAMA PUTRA“MAKMM” KAUMAN PADANG PANJANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku