Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SOSIAL KELAS VII2 DI SMP N 2 RAMBATAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Pratiwi Novita Rahayu
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:38:52Z
dc.date.available 2019-10-16T08:38:52Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.isbn 14108084
dc.identifier.isbn 14108084
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900110
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12534
dc.description.abstract PRATIWI NOVITA RAHAYU. BK. NIM, 14 108 084 judul skripsi “PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM MENGATASI HUBUNGAN SOSIAL SISWA KELAS VII2 SMPN 2 RAMBATAN”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya hubungan sosial siswa, salah satu teknik untuk meningkatkan hubungan sosial siswa melalui layanan konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) terhadap peningkatan hubungan sosial siswa kelas VII di SMPN 2 Rambatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu desain Pre-Exsperimental design, tipe one group pretestposttest design. Skala alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Likert yang mengacu pada kisi-kisi yang dibuat. Purposive Sampling merupakan tekhnik pengambilan sampel yang digunakan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 orang siswa yang memilki hubungan sosial yang rendah dan sedang, untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) berpengaruh signifikan dalam mengatasi hubungan sosial siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa (t0=6,20) > (tt=2,201), ini berarti bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) berpengaruh signifikan dalam mengatasi hubungan sosial siswa di SMPN 2 Rambatan pada taraf signifikan 5%.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SOSIAL KELAS VII2 DI SMP N 2 RAMBATAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku