Publikasi IAIN Batusangkar

EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGATASI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS VII DI SMPN 3 BASO

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author VERA PERMATA HENDRI
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:38:58Z
dc.date.available 2019-10-16T08:38:58Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-13
dc.identifier.isbn 14108123
dc.identifier.isbn 14108123
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900105
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12539
dc.description.abstract Vera Permata Hendri, NIM, 14 108 123, Judul Skripsi: “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siwa Kelas VII Di SMPN 3 Baso”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tingginya kecemasan siswa ketika berbicara di depan umum pada siswa kelas VII di SMPN 3 Baso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah efektif layanan konseling kelompok teknik role playing dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode eksperiment dengan jenis Pre-Exsperimental design dengan tipe pretest-post-test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dengan sampel penelitian sebanyak 10 orang siswa teknik purposive sampling 1 kelompok eksperiment dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas VII setelah diberikan treatment konseling kelompok teknik role playing efektif dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan nilai rata-rata pretest 102,2 poin berada pada kategori tinggi dan nilai rata-rata posttest 67,6 poin pada kategori rendah dengan selisih point 34,6. (2) Konseling kelompok teknik role playing efektif dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas VII, dengan nilai dari hasil t hitung (t0) dengan t tabel (tt), maka dapat dianalisa bahwa t0 lebih besar dari tt. Pada taraf signifikan 5% yaitu 2,26 < 11,53. Peneliti merekomendasikan kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat menerapkan konseling kelompok teknik role playing dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum siswa.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGATASI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS VII DI SMPN 3 BASO
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku