Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | VERA PERMATA HENDRI | |
dc.date.accessioned | 2019-10-16T08:38:58Z | |
dc.date.available | 2019-10-16T08:38:58Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2019-08-13 | |
dc.identifier.isbn | 14108123 | |
dc.identifier.isbn | 14108123 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21900105 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12539 | |
dc.description.abstract | Vera Permata Hendri, NIM, 14 108 123, Judul Skripsi: “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siwa Kelas VII Di SMPN 3 Baso”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tingginya kecemasan siswa ketika berbicara di depan umum pada siswa kelas VII di SMPN 3 Baso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah efektif layanan konseling kelompok teknik role playing dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode eksperiment dengan jenis Pre-Exsperimental design dengan tipe pretest-post-test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dengan sampel penelitian sebanyak 10 orang siswa teknik purposive sampling 1 kelompok eksperiment dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas VII setelah diberikan treatment konseling kelompok teknik role playing efektif dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan nilai rata-rata pretest 102,2 poin berada pada kategori tinggi dan nilai rata-rata posttest 67,6 poin pada kategori rendah dengan selisih point 34,6. (2) Konseling kelompok teknik role playing efektif dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas VII, dengan nilai dari hasil t hitung (t0) dengan t tabel (tt), maka dapat dianalisa bahwa t0 lebih besar dari tt. Pada taraf signifikan 5% yaitu 2,26 < 11,53. Peneliti merekomendasikan kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat menerapkan konseling kelompok teknik role playing dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum siswa. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Bimbingan dan Konseling | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.title | EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGATASI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS VII DI SMPN 3 BASO | |
dc.type | Skripsi |