Abstract:
Jefriano,NIM,14 108 050, judul skripsi: Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X IPA di SMAN 4 Solok. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya komunikasi interpersonal siswa X IPA di SMAN 4Solok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh bimbingan kelompok melalui teknik role playing tehadap komunikasi interpersonal siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode eksperimentdengan jenis Pre-Exsperimental design dengan tipe pre-test-post-testdesign. Sampel penelitian 10 kelompok eksperiment dengan teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Terdapat peningkatan komunikasi interpersonal siswa setelah diberikan treatmentbimbingan kelompok role playing dengan nilai rata-rata pretest 101,2 point berada pada kategori rendah dan nilai rata-rata posttest 144,6 point pada kategori tinggi dengan selisih point 43,4. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok melalui teknik role playing terhadap komunikasi interpersonal siswadengan nilai t0 20,18<3,25. Peneliti merekomendasikan kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat menerapkan bimbingan kelompok melalui teknik Role Playing terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa.