Abstract:
NISMA INDAH. BK. NIM, 14 108 074 judul skripsi “PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 2 TANAH DATAR”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang buruknya kebiasaan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu desain Pre-Exsperimental design, tipe one group pretest-posttest design. Skala alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Likert yang mengacu pada kisi-kisi yang dibuat. Purposive Sampling merupakan tekhnik pengambilan sampel yang digunakan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang siswa yang memilki kebiasaan belajar yang kurang teratur dan sedang. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kebiasaan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa (t0=7,93 ) > (tt =2,26), ini berarti bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa di MTsN 2 Tanah Datar pada taraf signifikan 5%.