Abstract:
Susila Fitri Yani NIM. 14 106 070, Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Metode Brainstorming terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa”.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Hasil belajar biologi siswa khususnya kelas VIII SMPN 3 Batusangkar masih tergolongrendah.Tidak semua peserta didik aktif ketika proses pembelajaran. Siswa cenderung hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, tanpa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, kurangnya variasi dalam proses pembelajaran menyebabkan kurangnya perhatian siswa untuk belajar.Sehingga hal ini mengakibatkan siswa tidak paham dengan pembelajaran yang telah mereka lakukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe GI dan metode brainstorming terhadap hasil belajar biologi siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni (true experimental), dengan rancangan penelitian posttest only control–group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Batusangkar sebanyak 5 kelasyang terdiri dari 155 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajarpada ranah kognitif yang terdiri dari tes uraian sebanyak 7 soal, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen yang menerapkan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe GI dan metode brainstorminglebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan diskusi kelompok kecil, baik berdasarkan analisis secara deskriptif maupun analisis secara statistik.