Abstract:
HILMA AMIRA, NIM. 14 106 026 judul skripsi “Pengaruh Strategi
Pembelajaran Terpadu (Unit Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran IPA kelas VIII di MTsN 12 Tanah Datar” Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri
Batusangkar, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran biologi di MTsN 12
Tanah Datar belum dilaksanakan sepenuhnya secara terpadu, prestasi kognitif
peserta didik belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM),
sumber belajar hanya didapat dari informasi guru, peserta didik kesulitan
menerima pelajaran dengan konsep yang terintegrasi dan guru masih menerapkan
konsep belajar secara klasik (metode yang diterapkan ceramah). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan
strategi pembelajaran terpadu (Unit Learning).
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (true
experiment), dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu randomized
control group posttest only design. Sampel diambil dengan cara random sampling
dengan sistem lotting. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas
VIII MTsN 12 Tanah Datar yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang
terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 179 orang. Sampel dalam penelitian
adalah kelas VIII B berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII E bejumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa
diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel, dan tes akhirnya berupa tes
objektif sebanyak 30 butir soal.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,07
lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu
63,66. Sedangkan pada uji t’ didapatkan tHitung = 4,598 dan t tabel = 1,645 maka H0
ditolak karena thitung > ttabel atau 4,598 >1,645, dengan demikian dapat dinyatakan
bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa yang menggunakan strategi pembelajaran
terpadu (Unit Learning) lebih baik dari pada hasil belajar kognitif siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional berupa metode ceramah pada
pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII di MTsN 12
Tanah Datar.
Keyword