Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | HAMDY SYAFDIAN | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T01:33:28Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T01:33:28Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2019-12-20 | |
dc.identifier.isbn | 14106021 | |
dc.identifier.isbn | 14106021 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21900923 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12770 | |
dc.description.abstract | HAMDY SYAFDIAN, NIM. 14 106 021 Judul Skripsi “Pengembangan Website Edukatif dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Mata Kuliah Mikrobiologi Semester 4 di IAIN Batusangkar”. Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagian besar mahasiswa kurang memahami materi perkuliahan Mikrobiologi yang diberikan dosen karena kekurangan informasi dan referensi akibat terbatasnya jumlah sarana belajar yang mereka butuhkan. Ketersediaan buku-buku di perpustakaan pada lembaga pendidikan tidak mampu memenuhi kebutuhan seluruh mahasiswa untuk mendapatkan informasi. Jumlah mahasiswa dalam menggunakan internet tergolong besar, namun penggunaan internet dalam pendidikan dan proses perkuliahan berada dalam kategori kecil. Ini merupakan realitas yang terjadi di kalangan mahasiswa, sehingga momen kemajuan informasi teknologi kadang kala belum dimanfaatkan mahasiswa secara maksimal dalam meningkatkan penguasaan dan pemahaman terhadap ilmu Mikrobiologi yang berkembang secara global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas Website Edukatif pada mata kuliah Mikrobiologi semester 4 IAIN Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validitas dan praktikalitas angket. Validitas angket dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil lembar wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Website Edukatif yang dikembangkan sangat valid dengan persentase 81,37% dan sangat praktis dengan persentase penilaian 86,70% oleh mahasiswa serta praktis dengan persentase 76,88% oleh dosen pengampu mata kuliah Mikrobiologi . | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi - Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN WEBSITE EDUKATIF DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI SEMESTER 4 DI IAIN BATUSANGKAR | |
dc.type | Skripsi |