Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN WEBSITE EDUKATIF DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI SEMESTER 4 DI IAIN BATUSANGKAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author HAMDY SYAFDIAN
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:33:28Z
dc.date.available 2020-02-21T01:33:28Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-12-20
dc.identifier.isbn 14106021
dc.identifier.isbn 14106021
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900923
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12770
dc.description.abstract HAMDY SYAFDIAN, NIM. 14 106 021 Judul Skripsi “Pengembangan Website Edukatif dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Mata Kuliah Mikrobiologi Semester 4 di IAIN Batusangkar”. Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagian besar mahasiswa kurang memahami materi perkuliahan Mikrobiologi yang diberikan dosen karena kekurangan informasi dan referensi akibat terbatasnya jumlah sarana belajar yang mereka butuhkan. Ketersediaan buku-buku di perpustakaan pada lembaga pendidikan tidak mampu memenuhi kebutuhan seluruh mahasiswa untuk mendapatkan informasi. Jumlah mahasiswa dalam menggunakan internet tergolong besar, namun penggunaan internet dalam pendidikan dan proses perkuliahan berada dalam kategori kecil. Ini merupakan realitas yang terjadi di kalangan mahasiswa, sehingga momen kemajuan informasi teknologi kadang kala belum dimanfaatkan mahasiswa secara maksimal dalam meningkatkan penguasaan dan pemahaman terhadap ilmu Mikrobiologi yang berkembang secara global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas Website Edukatif pada mata kuliah Mikrobiologi semester 4 IAIN Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validitas dan praktikalitas angket. Validitas angket dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil lembar wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Website Edukatif yang dikembangkan sangat valid dengan persentase 81,37% dan sangat praktis dengan persentase penilaian 86,70% oleh mahasiswa serta praktis dengan persentase 76,88% oleh dosen pengampu mata kuliah Mikrobiologi .
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENGEMBANGAN WEBSITE EDUKATIF DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI SEMESTER 4 DI IAIN BATUSANGKAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku