Abstract:
HANIFAH, NIM. 14 106 022, Judul skripsi “ANALISIS KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SETELAH DITERAPKANNYA PEMBELAJARAN ABAD 21 DI KELAS XI MIPA SMAN 1 BATUSANGKAR”, Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2019.
Kurikulum 2013 adalah salah satu kurikulum yang ada pada abad 21, pada kurikulum ini menuntut sekolah untuk lebih maju untuk menerapkan pembelajaran abad 21 untuk memperkuat karakter siswa dalam belajar untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter siswa pada mata pelajaran biologi melalui pembelajaran Abad 21 di kelas X MIPA SMAN 1 Batusangkar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif metode studi kasus. Pengumpulan data berdasarkan sumber data primer yaitu dengan angket karakter siswa pada mata pelajaran biologi, dan berdasarkan sumber data sekunder yaitu dengan cara observasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA.Pembelajaran abad 21 yang terintegrasi dalam kurikum 2013 yang diterapkan di SMAN 1 Batusangakar, belum sepenuhnya pelaksanannya sesuai dengan karakter pembelajaran abad 21. Kompetensi abad 21 yang ditekankan baru aspek skills (berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif) dan pengetahuan. Karakter siswa setelah penerapan pembelajaran abad 21 dengan kategori baik yaitu kesadaran, keberanian, ingin tahu, kepemimpinan dengan masing-masing rata-rata yang diperoleh sebanyak 75, 67, 66.78, 71. Sedangkan kategori cukup yaitu karakter etika dan ketangguhan dengan masing- masing rata-rata yang diperoleh sebanyak 61 dan 64.