Abstract:
belajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X
SMAN 1 Sungai Tarab”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018.
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar
siswa pada pelajaran Biologi. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya belum
adanya startegi dan metode lain yang mengoptimalkan kemandirian, aktivitas dan
motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar
peserta didik dengan menerapkan modelblended learningpada materi vertebrata kelas
X MIPA di SMAN 1 Sungai Tarab lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen betul betul (true eksperimen
design).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMAN 1Sungai
Tarab yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik
total sampling, sampel yang terpilih adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas
eksperimen adalah 75,46dengan persentase ketuntasan 77,14% dan rata-rata hasil
belajar peserta didik pada kelas kontrol adalah 63,19 dengan persentase ketuntasan
30,33%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dari perhitungan diperoleh thitung=5,33
sedangkan ttabel=1,645 pada taraf nyatanya . Karena thitung>ttabel
sehinggaH1diterima dan H0 ditolak, dengan demikian hasil belajar biologi peserta
didik dengan menerapkan model blended learninglebih baik dari hasil belajar biologi
peserta didik dengan menerapkan pembelajaran konvensional