Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BIOLOGI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN MACROMEDIAFLASH PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA N 3 SIJUNJUNG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SEPNI MARSALINA
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:34:07Z
dc.date.available 2020-02-21T01:34:07Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-12-06
dc.identifier.isbn 14106065
dc.identifier.isbn 14106065
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900782
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12780
dc.description.abstract SEPNI MARSALINA, NIM. 14 106 065 Judul Skripsi “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi Berbasis Multiple Intelligences Dengan Macromedia Flash Pada Materi Virus Untuk Kelas X SMA N 3 Sijunjung”. Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah pengembangan media pembelajaran interaktif Biologi berbasis multiple intelligences dengan macromedia flash pada materi Virus untuk kelas X SMA N 3 sijunjung. Tujuan umum pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif Biologi berbasis multiple intelligences dengan macromedia flash pada materi Virus untuk kelas X SMA N 3 sijunjung. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran interaktif Biologi berbasis multiple intelligences dengan macromedia flash pada materi Virus untuk kelas X SMA N 3 sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, and disseminate. Pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan angket. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi angket dan lembar pedoman wawancara. Lembar validasi dianalisis dengan menggunakan rumus persentase validasi, sedangkan hasil lembar wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan, hasil yang peneliti dapatkan adalah media pembelajaran interaktif Biologi berbasis multiple intelligences dengan macromedia flash pada materi Virus bersifat sangat valid dengan persentase 87,79% melalui uji validitas. Sedangkan uji praktikalitas melalui angket respon siswa di kategorikan sangat praktis dengan persentase penilaian 93,35%, dan angket respon guru di kategorikan sangat praktis dengan persentase nilai 85,73 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Biologi berbasis multiple intelligences dengan macromedia flash pada materi Virus dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi-Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BIOLOGI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN MACROMEDIAFLASH PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA N 3 SIJUNJUNG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku