Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | ZELLA DESEMSI | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T01:34:21Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T01:34:21Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2019-12-07 | |
dc.identifier.isbn | 14106079 | |
dc.identifier.isbn | 14106079 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21900778 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12782 | |
dc.description.abstract | ZELLA DESEMSI, NIM. 14106079, Judul skripsi “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA 1 SUNGAYANG”,Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2019. Permasalahan dalam penlitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi. Hal ini disebabkan berbagai faktor diantaranya, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru mata pelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah dan tanya jawab pada siswa kelas X SMA N 1 Sungayang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian true eksperimental dengan rancangan penelitian randomizing controlgroup postest only design. Penentuan kelas sampel ditentukan melalui teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 1 Sungayang yang berjumlah 99 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel dan tes akhirnya berupa tes objektif. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,09dengan persentase ketuntasan 76,47% dan rata-rata kelas kontrol adalah 70,76 dengan persentase ketuntasan 42,42%.. Sedangkan pada uji t didapatkan bahwa nilai thitung= 4,2122 sedangkan ttabel=1,645, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian hasil belajar Biologi siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC)pada materi virus kelas X SMAN 1 Sungayang berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi-Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA 1 SUNGAYANG | |
dc.type | Skripsi |