Abstract:
ILVA YUNINGSIH, NIM 14 106 028, Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Rambatan, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA khususnya kelas VIII di SMP Negeri 3 Rambatan masih tergolong rendah. Hanya sebagian kecil siswa yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Siswa cenderung pasif dan bersifat individualistis dalam menerima pembelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga proses pembelajaran monoton dan membosankan. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing lebih baik dari hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional dalam materi sistem peredaran darah kelas VIII di SMP Negeri 3 Rambatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes kedua kelas sampel setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dikelas eksperimen dan pembelajaran konvensional dikelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 73,291 sedangkan pada kelas kontrol adalah 59,161. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel, dimana 3,38>1,67 sehingga hipotesis peneliti diterima. Dapat disimpulkan bahwa ”Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing lebih baik dari hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran konvesional pada materi sistem peredaran darah kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan.