Abstract:
PUTRI FEBRIYANI, NIM. 14 106 054, Judul Skripsi: “Penerapan Strategi Active Learning Guided Note Taking dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Kelas VIII MTsN 13 Tanah Datar”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2019.
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Biologi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya, strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran belum mengoptimalkan partisipasi, kemandirian dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan penerapan strategi active learning guided note taking dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan video pembelajaran pada pembelajaran Biologi lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan video pembelajaran di MTsN 13 Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 13 Tanah Datar yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik total sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 82.92 dengan persentase ketuntasan 80.76% dan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol adalah 74.46 dengan persentase ketuntasan 53.84%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dari perhitungan diperoleh thitung=1.990 sedangkan ttabel=1.645 pada taraf nyatanya . Karena thitung> ttabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian hasil belajar Biologi peserta didik dengan penerapan strategi active learning guided note taking dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan video pembelajaran lebih baik dari hasil belajar Biologi peserta didik dengan menerapkan metode konvensional berbantuan video pembelajaran.