Abstract:
NINI KARLINA, NIM. 15300600041, Judul Skripsi: “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi Disertai Peer Tutoring Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lintau”. Skripsi Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Kurangnya kerjasama yang baik dalam kelompok selama pembelajaran berlangsung menyebabkan kebanyakan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa yang aktif hanya didominasi oleh siswa yang berkemampuan tinggi. Kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berdampak terhadap hasil belajar yang masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi disertai peer tutoring yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi Disertai Peer Tutoring Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lintau.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis true experimental, dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lintau Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 117 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi disertai peer tutoring lebih baik dari pada hasil belajar biologi siswa kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen 77,52 dan kelas kontrol 68,25. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran ini berpengaruh terhadap keaktifan siswa yang dibuktikan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar.