Abstract:
belajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan didahului Pemberian Tugas
Awal pada Mata Pelajaran IPA Siswa kelas VIII MTsN 6 Tanah Datar”.
Skripsi Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya semangat dan kerjasama
siswa dalam belajar kelompok selama pembelajaran berlangsung, siswa kurang
aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa yang aktif hanya didominasi
oleh siswa yang berkemampuan tinggi. Sehingga berdampak terhadap hasil
belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan
didahului Pemberian Tugas Awal pada Mata Pelajaran IPA Siswa kelas VIII
MTsN 6 Tanah Datar yang dilihat dari hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True
eksperimen, dengan desain penelitian Post-tes Only Control Desing. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 Tanah Datar tahun pelajaran
2019/2020 yang terdiri dari 9 lokal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII F sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa
soal Objektif, dianalis dengan mengunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Scramble yang didahului Pemberian Tugas Awal berpengaruh terhadap hasil
belajar IPA siswa kelas VIII MTsN 6 Tanah Datar. Dari data yang diperoleh
menunjukan penggunaan model tersebut meningkatkan hasil belajar siswa dengan
rata-rata 84,39. Sedangkan pada kelas kontrol yang memakai metode diskusi dan
tanya jawab hanya memperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebanyak 74,31.