Abstract:
Opi Oktarina, NIM : 15 300 600 048, Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lintau ”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Kurangnya motivasi siswa dalam belajar, hanya sebagian siswa yang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar biologi siswa yang rendah, perlu dilakukan pelaksanaan suatu model yang efektif terhadap hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan Scientific Approach dari segi hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lintau tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 4 lokal. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekning random sampling dengan cara lotting, sampel terpilih adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dimana pada kelas X IPA 3 sebanyak 27 orang sedangkan pada kelas X IPA 2 sebanyak 24 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan scientific approach berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Persentase rata-rata kelas eksperimen 74,96 dan kelas kontrol 72,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan scientific approach terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Lintau.