Abstract:
Riri Andespa, NIM. 15 300 700 020, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) PADA MATERI FLUIDA STATIK DI KELAS XI IPA SMAN 1 SUNGAYANG”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Keterbatasan pada modul cetak serta kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang berbasis teknologi menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mempelajari fisika. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah Modul Elektronik Berbasis Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Elektronik yang valid dan praktis untuk siswa kelas XI IPA Semester I SMA/MA.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research development), yang terdiri atas tiga tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian (define) atau tahap analisis kebutuhan yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran di lapangan. Penelitian diawali dengan wawancara dengan guru fisika kelas XI SMA SMAN 1
Sungayang, menganalisis bahan ajar dan buku teks yang dipakai guru fisika di kelas XI SMAN 1 Sungayang sebagai sumber belajar siswa dan mereview literatur tentang modul. (2) Tahap perancangan (design), modul elektronik mulai dirancang berdasarkan hasil (define). (3) Tahap pengembangan (develop) dilakukan dengan cara pengembangan Modul Elektronik dan validasi dengan cara menyebar instrumen validasi kepada tiga orang validator untuk mencari tahu validitas Modul Elektronik. Aspek pada Modul Elektronik yang divalidasi antara lain: Tujuan pembelajaran, Kesesuaian Format Modul Elektronik, Karakteristik Modul Elektronik, Kesesuaian, Bahasa dan Bentuk Fisik Modul Elektronik.
Hasil pengembangan yang telah dilakukan berupa Modul Elektronik Berbasis Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) pada Materi Fluida Statik di Kelas XI IPA SMAN 1 Sungayang. Produk tersebut juga telah divalidasi tiga orang validator dengan kriteria sangat valid (90,74%). Pada tahap praktikalitas dari hasil angket respon guru memperoleh persentase 88,75% dengan kriteria sangat praktis dan dari hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase 87,04% dengan kriteri sangat praktis.