Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | YOLA FITASARI | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T01:36:27Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T01:36:27Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-01-17 | |
dc.identifier.isbn | 15300600083 | |
dc.identifier.isbn | 15300600083 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21900490 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12809 | |
dc.description.abstract | YOLA FITASARI, NIM. 15300600083, Judul skripsi “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA N I PARIANGAN” Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar biologi masih belum maksimal, karena proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran biologi dikelas XI SMA N I Pariangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N I Pariangan yang berjumlah 61 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis ranah kognitif menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 75, 73 dan rata-rata kelas kontrol adalah 70. Sedangkan pada uji t didapatkan nilai thitung yaitu 2,06 > dari ttabel yaitu 1,66, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil analisis ranah afektif siswa menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81 dan rata-rata kelas kontrol adalah 64,22. Hasil analisis ranah psikomotor siswa menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 96,36 dan rata-rata kelas kontrol adalah 76,06. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantuan video pembelajaran pada pembelajaran biologi di kelas XI SMA N I Pariangan lebih baik dari pada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA N I Pariangan. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Metode Belajar | |
dc.subject.ddc | 371.395 3 | |
dc.subject.ddc | 371.395 3 | |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA N 1 PARIANGAN | |
dc.type | Skripsi |