Abstract:
NURHAYATI,NIM 15300600047, Judul Skripsi “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Learning Cycle Berbantuan Videoscribe pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Padang Panjang ”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu hasil belajar peserta didik yang tergolong masih rendah yang dilihat dari hasil ulangan harian yang masih ada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), peserta didik dalam diskusi umumnya tidak aktif sama sekali, interaksi hanya 1 arah saja yaitu guru dan peserta didik, serta media yang digunakan guru masih belum bervariasi sehingga peserta didik tampak bosan selama proses pembelajaran, tampak tidak tertarik, tidak senang, dan tidak termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar IPA dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) melalui learning cycle berbantuan videoscribe pada pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 3 Padang Panjang.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis true experimental dengan rancangan penelitian the posttest-only control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes bentuk objektif pada ranah kognitif. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t didapatkan bahwa nilai t hitung yaitu 4,48> dari 1,67 pada t tabel yaitu, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian menunjukan rata-rata penilaian aktivitas belajar peserta didik dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 93,8 dan rata-rata kelas kontrol adalah 82,4. Hasil penilaian rata-rata hasil belajar peserta didik pada penilaian kognitif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,93 dan rata-rata kelas kontrol adalah 62,21. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) melalui learning cycle berbantuan videoscribe lebih baik dari pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan model pembelajaran konvensional pada materi Sistim Gerak pada Manusia di kelasVIII IPA SMP N 3 Padang Panjang.